Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI

Manfaat daun katuk untuk memperlancar ASI sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu dari abad ke-16 dan dimanfaatkan hingga saat ini.

Untuk kesempatan kali ini kami dari pihak alfian herbal akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar “daun katuk untuk memperlancar ASI”. Sudah bukan rahasia lagi jika daun katuk (Sauropus adrogynus (L) Merr) sangat popular di kalangan ibu-ibu yang sedang menyusui, terutama yang sedang memberikan ASI ekslusif kepada buah hatinya.

Baca juga : Manfaat Strawberry Untuk Kecantikan Wajah

Setelah melahirkan, seorang ibu pasti ingin segera menyusui bayinya. Namun, sayangnya pada hari-hari setelah melahirkan banyak ibu yang mengeluhkan bahwa ASI-nya tidak lancar. Ibu harus menyadari bahwa ASI yang pertama kali keluar adalah ASI yang mengandung kolostrum, sehingga jumlahnya sangat terbatas. Namun meskipun begitu, dengan rajin menyusukan pada bayi, maka jumlah ASI akan melimpah dengan sendirinya.

daun katuk untuk memperlancar asiSelain itu anda bisa mendapatkan manfaat daun katuk untuk memperlancar ASI. Anda pasti bertanya, kenapa harus daun katuk? Karena daun katuk mengandung berbagai zat gizi yang menunjang produksi ASI, diantaranya : protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi dan serat. Selain mengandung zat-zat tersebut, daun katuk juga mengandung senyawa minyak esensial, saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid, sejumlah asam amino. Kelebihan daun katuk dibandingkan sayuran hijau lainnya adalah terletak pada kandungan proteinnya yang lebih besar.

Berdasarkan penelitian, daun katuk yang diolah dengan santan lebih efektif melancarkan ASI ketimbang yang diolah bening. Bukan berarti makanan lain tak bisa melancarkan ASI, lo. Justru ibu menyusui amat perlu mengkonsumsi makanan bergizi. Apalagi, menurut Food and Nutrition Board, National Academy of Sciences-National Research Council di Amerika, ibu menyusui perlu tambahan kebutuhan gizi karena harus menyediakan sekitar 800-100 cc ASI.\

Bagaimana cara mengolah daun katuk? Yang paling mudah adalah mengolahnya seperti halnya mengolah kangkung atau bayam. Untuk melancarkan ASI dan manfaat kesehatan lainnya, segenggam sehari saja sudah dinilai cukup. Daun katuk umum disajikan sebagai sayur bening, meski sebenarnya juga bisa diolah menjadi urap atau pecel, dipepes dengan ikan, dimasak botok dengan bahan lain, bahkan digulai dengan santan agar tidak menjadi hidangan yang membosankan. Karena kepraktisannya inilah mengapa banyak para ibu menyusui dapat dengan mudah mengonsumsi daun katuk untuk mempelancar keluarnya ASI.

Beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daun katuk adalah sebagai berikut:

-Menyehatkan Mata
Tanaman katuk memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan betakaroten yang tinggi di dalam tubuh dipercaya dapat membantu mencegah gangguan mata dan menjaga kesehatan mata sehingga dapat berfungsi secara optimal.

-Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium di dalam tanaman ini cukup banyak sehingga dapat membantu memperkuat tulang. Jika tulang kuat, maka seseorang pun akan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

-Kesehatan Pria
Di dalam daun katuk megandung zat aktif yang dapat merangsang pembentukan hormon steroid seperti testosteron dan progesteron sehingga dapat membangkitkan vitalitas seksual pada pria dewasa dan memacu kuantitas dan kualitas sperma.

Terus kunjungi situs https://caramengobatisakitpinggangpadawanita.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s