Bahaya Sianida Bagi Manusia dan Lingkungan

Akhir-akhir ini mungkin racun sianida sedang hangat-hangatnya di perbincangkan, karena adanya korban meninggal yang di duga akibat racun sianida itu. Apakah sianida itu berbahaya bagi manusia dan lingkungan? nah untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut sampai tuntas!.

sianidaBahaya sianida bagi manusia dan lingkungan |  Sianida merupakan salah satu racun mematikan bagi tubuh manusia, yang dapat membunuh dalam hintungan menit saja. Sudah banyak penyalahgunaan racun sianida ini untuk kejahatan pembunuhan di dunia internasional termasuk di Indonesia. Bahaya racun sianida bagi tubuh memang sangat mengkhawatirkan disalahgunakan untuk hal hal tidak terpuji pembunuhan hingga senjata kimia.

Baca juga : Manfaat Donor Darah Yang Perlu Di Ketahui

Apa itu sianida ?

  • Sianida adalah kimia yang dapat bereaksi cepat, bisa menyebabkan kematian yang dapat tersaji / dicampurkan dalam berbagai bentuk.
  • Sianida adalah zat kimia yang dapat menjadi gas yang tidak berwarna, seperti halnya cyanogen chloride (CNCl) atau hidrogen sianida (HCN), atau kalium sianida (KCN) atau  bentuk kristal seperti natrium sianida (NaCN) .
  • Sianida merupakan zat yang memiliki rasa pahit dan berbau, namun tidak selalu mengeluarkan bau, hinggat tidak semua orang bisa mendeteksi bau ini.
  • Sianida memiliki sebutannama lain di dunia militer seperti AC (hidrogen sianida) dan CK (untuk sianogen klorida).

Apa yang Terjadi Jika Terkena Sianida?

Jika seseorang terkena sianida dalam jumlah kecil, orang tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, pusing, merasa gelisah, pernapasan cepat, denyut jantung cepat, dan tubuh terasa lemah. Meski begitu, tidak semua orang yang memiliki beberapa gejala ini berarti mengalami keracunan sianida. 

Lain halnya jika seseorang sudah terkena sianida dalam jumlah besar. Ia bisa jadi mengalami denyut jantung yang melambat, hilang kesadaran, kejang, kerusakan pada paru-paru, tekanan darah rendah, dan mengalami gagal napas hingga menyebabkan kematian.

Bagaimana Sianida Bisa Membunuh?

Nah, jika kamu mulai bertanya-tanya kenapa sianida bisa sangat berbahaya, begini penyebabnya. Seberapa besarnya jumlah sianida yang masuk ke dalam tubuh, dan berapa lama orang tersebut terkena racun sangat memengaruhi efek sianida di dalam tubuh. Dosis fatal sianida adalah 1,5mg/kg tubuh manusia. Bayangkan jika seseorang mengonsumsi lebih dari dosis yang mematikan tersebut.

Saat sianida masuk ke dalam tubuh, sianida akan mencegah sel-sel di dalam tubuh untuk menggunakan oksigen. Sehingga sel-sel di dalam tubuh akan mati.
Adapun organ yang akan paling mengalami kerusakan adalah otak dan jantung. Karena dibandingkan organ tubuh lainnya, kedua organ ini adalah organ yang paling banyak menggunakan oksigen.

Selain sianida yang masuk ke dalam mulut melalui makanan, gas sianida juga tidak kalah berbahaya. Bahkan, paling bahaya dibandingkan dengan jenis lainnya. Gas ini mungkin tidak terlalu berbahaya jika ada di ruangan terbuka, karena dapat menyebar dan menguap. Namun lain halnya jika gas tersebut ada di dalam ruangan tertutup. 

Sebenarnya sianida juga terdapat di dalam makanan yang mungkin kamu temui sehari-hari. Namun, tentu masih dalam jumlah yang rendah. Misalnya saja di dalam kacang almond, biji aprikot, biji jeruk, biji apel, ubi kayu, rebung, kacang lima, tapioka, dan lubang yang terdapat di dalam buah. Selain itu, sianida juga terdapat di dalam asap kendaraan, asap rokok, beberapa jenis alga, bakteri, dan jamur.

Terus kunjungi situs https://caramengobatisakitpinggangpadawanita.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Bahaya Sianida Bagi Manusia dan Lingkungan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s